Minggu, 12 Februari 2012

Pengertian Penyuntingan


A.PENYUNTINGAN
I. Pengertian Penyuntingan
 1). Pengertian Klasik.
v Menurut kamus BI Wjs Purwadarminta
Penyuntingan  sunting : Hiasan yang diletakkan di rambut atau di belakang daun telinga.
                          
                           Pengertian klasik : Kegiatan hias menghias untuk mempercantik diri agar diperhatikan  à bergeser arti menjadi wanita (Ida disunting oleh seorang sarjana)

            2). Pengertian Kamus Besar Bahasa Indonesia (Balai Pusataka, 1993)
                  è Menyunting- Penyunting-Penyuntingan ç
                 
                  Menyunting : (1) menyiapkan naskah siap cetak atau siap diterbitkan dengan
                                                  memperhatikan sistematika penyajian, isi, dan bahasa
                                                  (ejaan, diksi, struktur).
                                            (2) mengedit; merencanakan dan mengarahkan penerbitan
                                                  (surat kabar, majalah).
                                            (3) menyusun atau merakit film, pita rekaman dengan cara
                                                  memotong-motong dan memasang kembali.

                   Penyunting : (1) orang yang bertugas menyiapkan naskah siap cetak.
                                           (2) orang yang bertugas merencanakan dan mengarahkan
                                                 penerbitan media cetak.
                                           (3) orang yang bertugas menyusun dan merakit film atau pita
                                                 rekaman.
          Penyuntingan : proses, cara, perbuatan sunting-menyunting segala sesuatu
                                   yang berhubungan dengan pekerjaan penyunting; pengeditan.
*KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia) terbitan tahun 1993 mencoba merekam pengertian penyuntingan seperti sekarang ini diartikan oleh berbagai kalangan dalam masyarakat luas. KBBI menyoroti arti penyuntingan seperti dilakukan oleh para penyunting atau editor atau redaktur dalam proses produksi informasi di media massa, rumah produksi pembuat film dan pita rekaman.
*Ternyata pengertian penyuntingan sudah meninggalkan makna klasik seperti dicatat oleh Purwadarminta yang berurusan dengan kesibukan mempercantik diri, bergeser ke kesibukan publikasi dari lembaga- lembaga media massa seperti  diartikan oleh masyarakat berbahasa Inggris, yang sudah lama mengembangkan industri media massa seperti industri perbukuan, industry pers serta industry siaran audio visual.
3). Pengertian penyuntingan dari lingkungan grafika.                                               Kita coba memahami beberapa kata yang berkaitan dengan proses kerja penyuntingan di lingkungan grafika seperti sunting-menyunting, penyuntingan naskah, penyiapan naskah dan kata edit.
Sunting- menyunting (naskah): Menimbang, memilih dan memperbaiki naskah tata bahasa, penggunaan kata- kata, cara penyajian pokok soalnya, dan seterusnya agar enak dan menarik bila dibaca dan isinya mudah dipahami.
Penyuntingan naskah I(copy- editing): proses atau kerja seorang copy-editor dalam memperbaiki dan menata naskah.
Penyiapan naskah I (copy reparation): Bagian perwajahan buku yang ditugasi memberikan tanda- tanda pada naskah berikut instruksi kepada juru susun huruf dengan cara mengikuti petunjuk- petunjuk pewajah buku.
Jenis pekerjaannya ialah memilih huruf, lebar baris, jumlah baris untuk satu halaman, bentuk judul, dan keterangan gambar, juga memelihara penggunaan bahasa, ejaan, dan sebagainya.
Edit, mengedit : membetulkan dan memperbaiki naskah sehubungan dengan penyajiannya, bahasanya, ejaanya, dan lain- lain hal sesuai keadaan calon pembacanya.
Pengertian penyuntingan yang dikemukakan oleh Leksikon Grafika, hampir sama dengan pengertian yang dikemukakan oleh sumber- sumber terdahulu. Namun ada satu sisi yang ditampilkan dalam pengertian penyuntingan disini ialah kegiatan pokok dalam proses pra-cetak, persiapan sebelum kegiatan cetak- mencetak, itulah kegiatan penyuntingan.
Ada dua jenis penyuntingan yang ditonjolkan disini, yakni (1) copy- editor yang melakukan kegiatan copy-editing, penyuntingan pernaskahan, yang memperhatikan isi, keterbacaan dan dampaknya bagi pembaca, (2) book- designer, pewajah buku yang lebih terlibat dalam perencanaan visualisasi naskah menjadi buku atau karya grafis sesuai dengan prinsip- prinsip kerja seni rupa.
Dua kegiatan penyuntingan ini sama-sama diperlukan agar produk cetak mendapat manfaat yang sebesar- besarnya bagi pemakaiannya atau pembacanya. Karena kamus yang kita gunakan untuk untuk meninjau pengertian penyuntingan disusun oleh para ahli bidang grafika maka tidak mengherankan pengertian penyuntingan diangkat dari kasus cetak- mencetak di lingkungan grafika.
4). Pengertian Masyarakat Inggris.
v Berdasarkan perkembangan BI akhir- akhir ini, istilah penyuntingan (editing) disepadankan kata Inggris Editor dan Redactor.
Editor  latin  edere : menghasilkan.
Redactor  latin  redigere : membawa kembali lagi.

v Kedua kata Inggris tersebut berkembang : menyiapkan, menyeleksi, dan menyesuaikan naskah orang lain untuk penerbitan.

Ø   Istilah penyunting kini popular di Indonesia dengan istilah redaksi.
Konotasi istilah redaksi hanya dikaitkan dengan surat kabar atau  penerbitan berkala.



SIMPULAN :
Simpulan manakah yang dapat kita tarik sesudah kita meninjau pengertian penyuntingan dari beberapa sumber yang ada dalam masyarakat?
  1. Pengertian penyuntingan dalam penggunaan oleh masyarakat berbahasa Indonesia telah mengalami pergeseran arti, bukan dalam arti pergeseran arti secara gradual, melainkan secara substantive.
Arti klasik penyuntingan lebih terarah pada kegiatan estetika, mempercantik diri dengan hiasan-hiasan. Kini arti klasik sudah jarang digunakan, malah sudah berubah bentuk, sunting tidak lagi diartikan sebagai bunga atau hiasan; sunting berubah menjadi seorang wanita. Sehingga dalam percakapan sehari- hari kita masih mendengar kalimat yang berbunyi sebagai berikut : Ia mempersunting Ida sebagai istrinya. Itu berarti Si Ida menjadi istri sekaligus hiasan bagi suaminya.
  1. Pengertian penyuntingan dalam arti bahasa Indonesia modern sudah dipengaruhi oleh proses alih teknologi tulis- menulis, teknologi grafika, sehingga penyuntingan dalam bahasa Indonesia  adalah terjemahan kata editing secara kontekstual yang digunakan sehari-hari oleh masyarakat berbahasa Inggris yang sudah lama membangun tradisi tulisan disamping tradisi lisan.
Secara kongkret pengertian penyuntingan dihubungkan dengan kegiatan persiapan naskah menjadi buku yang tercetak yang menjadi tanggung jawab editor, copy-editor atau designer buku dalam organisasi kerja pra- cetak.
  1. Namun kegiatan penyuntingan sebagai kegiatan pra-cetak masih membutuhkan klarifikasi konsepsional lebih lanjut, karena ternyata penyuntingan itu mengandung makna dari yang bersifat teknis dan praktis sampai dengan pengertian yang bersifat intelektual.
Kenyataan ini menunjukkan bahwa pengertian penyuntingan masih berada dalam tahap evolusi pengertian ; masih terus berkembang menuju tingkat perkembangan lebih lanjut di masa mendatang sesuai dengan perkembangan budaya tulis-menulis, budaya teknologis yang dipengaruhi oleh perkembangan teknologi komunikasi dan teknologi informasi.
Namun jelas penyuntingan tetap berada dalam proses kegiatan produksi informasi untuk dikonsumsi oleh para pengguna informasi, yang terus bertambah jumlahnya dari masa ke masa. Penyuntingan di satu pihak selalu berurusan dengan keterampilan kebahasaan, namun di pihak lain juga berurusan dengan keterampilan seni rupa, seni suara, tuntutan artistic yang bercorak multimedia.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar